Setting Speedy dengan Modem Linksys AG241

1. Setting Jaringan / Network

Pastikan network connection disetting automatic (DHCP). Caranya adalah sebagai berikut:
Klik Control Panel, pilih menu Network Connections. Apabila di komputer Anda sudah terdapat kartu jaringan/LAN Card akan muncul pilihan Local Area Connection.


Double klik icon tersebut, maka akan muncul Local Area Connection Properties.

Double klik Internet Protocol (TCP/IP).

Untuk settingan IP (bagian atas), gunakan pilihan “Obtain an IP Address automatically”

Untuk settingan DNS (bagian bawah), klik advanced, kemudian pilih menu DNS, isikan (add) alamat IP di bawah ini:

- 202.134.2.5
- 203.130.208.18
- 202.134.0.155
- 202.134.1.10
- Klik OK.

2. Setting Modem


Browsing ke 192.168.1.1 dengan menggunakan browser yang ada. Default login: username = admin, password = admin.

Saat tampilan pertama akan muncul menu Setup.
Pada bagian Internet Setup, hal-hal yang perlu Anda rubah:
Encapsulation: RFC 2516 PPPoE.
Virtual Circuit ID:
VPI=8
VCI=81
Multiplexing:LLC
DSL Modulation:Auto
User Name:14111xxxx(id speedy anda)@telkom.net
Password:password dari telkom
Pilih Keep Alive

Pada bagian Time Setup, set time zone dengan pilihan sesuai dengan tempat Anda, e.g (GMT +07:00) Bangkok, Hanoi, Jakarta.

Klik Save Settings. Modem akan restart selama 25 detik.

3. Test Konfigurasi Modem

Pada menu Status, Anda lihat jika DSL Status masih DOWN, klik tombol Connect dan modem akan restart selama 5 detik. Jika status masih tetap DOWN, ulangi lagi hingga status DSL menjadi UP

Jangan lupa setelah Anda terkoneksi ke speedy, segera login ke http://www.telkomspeedy.com untuk mengganti password default Anda, kemudian password di modem (PPPoE Settings) juga harus diganti, sama dengan password yang Anda ganti di website.

Selamat Mencoba

8 komentar:

Anonim mengatakan...

Thank's infonya.. kalau setting gateway nya gmana ya..!!
Mohon keteranganny..!! kirim lewat email aja ya di dex_putra85@yahoo.com
Makasih ya mas sebelumnya.

sofyan mengatakan...

tolong saya dong, saya kesulitan setting 2 modem linksys ag421 menjadi bridge, yang mau saya sambungin ke mikrotik menjadi load balancing. apakah alamat ip modem harus di rubah, menjadi 192.168.1.1 dan 192.168.10.1 bagaimana caranya?

million ways mengatakan...

dengan settingan spt diatas kok modem sy belum bisa konek juga ya??
lampu internet di modem tetep merah, padahal dsl udah up.
apa software modemnya perlu di upgrade, perlu ganti modem or gmn solusi yang lain??
thx atas bantuannya

nald mengatakan...

Maaf baru bisa balas.
- untuk seting gateway nya akan dapat dirubah ip lan nya. secara otomatis menjadi gateway.

- hehe untuk load balncing belumpernah coba di sini cuman pake 1 speddi. ni lagi belajar tar kalu udah ada saya masukan ke sini deh

- kalau belum konek juga coba tes jaringan Speedy nya mas

thx

Anonim mengatakan...

saya di indramayu jabar pakai linksys ag241 dengan setting Encapsulation: RFC 2516 PPPoE.
Virtual Circuit ID:
VPI=8
VCI=81
Multiplexing:LLC
DSL Modulation:Auto

hasilnya led adsl menyala normal, led internet merah dan status interface down. tolong masukannya

Qantasa mengatakan...

sekarang saya pke TP-link TD-8817 yg saya mau ganti dengan Linksys AG241...tapi pas saya mau login ke 192.168.1.1 dan memasukkan UN & pass (admin/admin) saya di beri tahu (A username and password are being requested by http://192.168.1.1. The site says: "TD-8817") yang berarti saya login untuk TP-link. saya bingung apa karena saya masih pke TP-link ? sedangkan Linksys saya belum bisa terkoneksi ke internet...mohon bantuan'y !!!

RIZA ZAENAL H PCLINUXOS mengatakan...

biasanya ada masalah di IP modem td8817nya sama linksysnya. ip linksys bedakan saja. itu setau saya.

Anonim mengatakan...

Maaf mas, di Linksys AG241 yang time zonenya bukan (GMT +07:00) Bangkok, Hanoi, Jakarta. Tapi yang sesuai (GMT +07:00) Thailand, Russia.